Minggu, 21 Agustus 2016

Penting, Ini Gejala Awal HIV/AIDS

Wanita sedang demam dan kelelahan.
Sulit untuk memahami tanda-tanda HIV pada tahap awal. Gejala umum dari HIV adalah demam, ruam, nyeri otot, dll. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda terjangkit HIV atau tidak adalah dengan melakukan tes HIV di rumah sakit.

Lalu  apa saja sebenarnya gejala HIV itu? Sebenarnya, tanda-tanda HIV bervariasi di tiap orang, tergantung pada tahap penyakit seseorang tersebut. Ada tiga tahap pada HIV: tahap awal, tahap latency klinis dan tahap terakhirr atau AIDS.

Gejala infeksi HIV adalah, sakit tenggorokan, nyeri otot dan sendi, ruam, pembengkakan kelenjar getah bening dan banyak lagi. Sebelum membahas detail tentang tanda-tanda HIV, Anda harus tau sedikit tentang detail virus ini.

HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan menyerang sel-sel CD4 yang bertanggung jawab untuk menjaga tubuh Anda dari semua jenis penyakit.

Virus ini mampu menyebar dengan begitu cepatnya sehinngga mampu menghancurkan sel CD4 dalam waktu singkat dan membuat tubuh Anda kehilangan kemampuan menangkal segala jenis penyakit. Ketika tubuh manusia sudah tidak mampu mencegah segala jenis penyakit menyerang tubuhnya, maka kondisi tersebut masuk ke tahap AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Mangkonsumsi obat adalah satu-satunya cara untuk bertahan hidup, tetapi inveksi virus HIV dan AIDS tetap mengancam nyawa setiap saat. Berikut adalah gejala dari penyakit HIV, agar Anda dapat membantu Anda mencegah sebelum bertambah menjadi parah.

1. Demam
Ini adalah salah satu gejala paling dasar dari HIV. Demam yang ditimbulkan dari virus HIV ini sangat tinggi karena bisa mencapai 102 derajat Farenheit. Seiring demam yang tinggi, Anda juga akan kehilangan berat badan, merasa lesu setiap saat serta menderita sakit kepala.

2. Nyeri dan Bengkak Kelenjar Getah Bening
Kelenjar getah bening merupakan bagian dari ssistem kekebalan tubuh, sangat jelas fungsi mereka akan sangat terpengaruh oleh infeksi HIV. Karena pembengkakan pada kelenjar getah bening, menyebabkan Anda merasakan nyeri pada sendi dan otot setiap saat.

3. Kelelahan
Jika Anda demam disertai rasa kelelahan yang teramat sangat maka Anda harus segera pergi ke rumah sakit untuk menjalani tes HIV. Karena virus inimenyerang imun tubuh maka Anda akan merasa semakin lemah hari demi hari, karena tubuh Anda mulai kehilangan kekuatan untuk mencegah penyakit yang menyerang tubuh Anda, sehingga lesu dan kelelahan tidak bisa Anda hindari.

4. Ruam Pada Kulit
Ruam kulit dan kulit kemerahan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menyerang siapa saja. Tapi bagaimana mengetahui bahwa ruam ini merupakan gejala Anda terinfeksi HIV atau hanya kondisi alergi kulit saja? Ruam yang terjadi pada seseorang yang terjangkit HIV akan terlihat seperti bisul berwarna merah muda dan butuh waktu lama untuk hilang dari kulit Anda. Jika hal itu terjadi pada Anda maka sebaiknya Anda langsung ke rumah sakit.

5. Berat Badan Turun Drastis
Penurunan berat badan secara cepat padahal Anda sedang tidak melakukan diet adalah gejala yang signifikan Anda terjangkit AIDS. Pada akhirnya, pasien bisa menderita diare akut yang membuat berat badan semakin turun hari demi hari. Tidak peduli sebanyak apapun pasien AIDS ini makan per harinya, dia akan tetap kehilangan berat badan hari demi hari.

6. Mual dan Muntah
Jika Anda bertanya, "apa sih gejala paling awal dari HIV itu?". Menurut sebuah studi medis, 30%-60% dari pasien HIV mengalami mual dan muntah pada tahap awal mereka terinfeksi. Juga diiare yang tak kunjung berhenti dapat menjadi gejala awal penting dari AIDS.

7. Batuk Kering
Jika Anda mengalami batuk kering yang tak kunjung sembuh selama setahun atau lebih, dan semua antibiotik dan inhaler yang Anda konsumsi gagal untuk menyembuhkannya, Anda punya alasan yang kuat untuk khawatir. Pergilah ke rumah sakit untuk tes HIV karena hal itu dapat menjadi tanda utama AIDS.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk lebih peka pada apa yang terjadi pada tubuh Anda agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.  Sangat baik bagi Anda untuk mengetahui gejala awal dari penyakit HIV/AIDS ini agar penyebarannya dapat di tekan sedini mungkin sehingga mampu meyelamatkan nyawa Anda. Dan jangan ragu untuk melakukan tes kesehatan setiap 6 bulan sekali demi kebaikan Anda.

Sumber: Boldsky.
loading...
0

0 komentar: